struggle ngafal Al-Qur'an ala gua

Gua alhamdulillah adalah penghafal Qur'an, dibesarkan di lingkungan yg ngafal Qur'an juga, bahkan kelas gua alhamdulillah adalah kelas tahfidzh.

Ngafal Qur'an itu buat apa sih ? dan ngapain ?

Oke, gua cerita dari awal dulu ya

Dari niat.

Dulu, niat ngafal Qur'an gua itu karna suruhan orang tua, abis itu upgrade karna gua ya suka aja, dan upgrade lagi karna target. Disini lah gua ngerasain struggle nya ngafal Qur'an.

Dimana-mana kalo ngafal Qur'an di sekolah itu pasti ditarget, dan target sekolah gua adalah 1 hari 1 halaman, dan 1 tahun 5 juz in syaa Allah.

Gua adalah slow learner, jadi kalo ngafal atau ngerjain, atau belajar sesuatu, butuh waktu yg lama.

Gua juga adalah tipe orang yg kalo ngerjain sesuatu itu niat banget, termasuk ngafal Qur'an /perfeksionis abiezz/.

Udah mah slow learner, niat pula. Lama banget lah pasti wkwk.

oke skip


Jadi gua selalu nge usahain yg terbaik, yg terlancar. Tapi sekolah gua ga mau tau, 1 hari harus 1 halaman, dan 1 tahun harus 5 juz.

Jujur gua stress banget ngafal 1 hari 1 halaman, gua bingung cara murojaah nya lebih tepatnya.
Dan dari situlah niat gua oleng, dari yg awalnya suka dan enjoy, oleng ke 'gara-gara target'.

*murojaah : ngulang hapalan yg dulu

Gua stress dan gua udah bomat lagi ama niat, asal ga ketinggalan target, gua apalin aja terus, tanpa peduli gua inget apa engga ama hapalan yg dulu-dulu.

Awal-awal, gua bisa ngafal 1 hari 1 halaman, lama-lama jenuh juga, rasanya kehidupan sekolah gua hambar banget. Cuman ngafal dan niatnya ga bener, jadi ga enjoy samsek.

Akhirnya gua sering bolos hapalan, dan ngobrol ae ama temen yg sama-sama males pas jam tahfidz. Atau kalo ga ada temen yg bisa gua ajak ngobrol, ya gua tidur aja dikelas.

Dan akhirnya target hapalan gua pun terbengkalai. Gua udah bodo amat juga sih.

Sampe gua akhir kelas 8.

Waktu itu, kan covid-19, PSBB, dan ga sekolah ya (sampe sekarang sih haha).
Jadi, gua ga ditagih ama guru hapalan gua, kalo pun ditagih, yaa gua read aja chat nya wkwk.
lagian waktu itu gua ga punya hape, jadi bebas banget dari hapalan. Alesannya, hape bareng sama mama jadi jarang cek WA.

Gua seneng bangett, padahal itu adalah waktu paling pas buat murojaah, tapi karna gua muak banget sama hapalan, gua anggurin aja. 

Bahkan ga baca qur'an samsek. Kalopun baca ya paling cuman surat Al-Waqiah itupun karna surat wajib kelas 8. Dibacanya juga jarang haha.

sampe gua kelas 9, dan gua udah gabut ga tau mau ngapain, terus ada hidayah aja dateng.

Ka Wirda ngeluarin program W30H waktu itu, dan karna gua nge-idolain ka Wirda, gua ikutin itu program. Awalnya males sih, tapi kebaca juga ampe sebulan, walau pas haid gua anggurin seminggu karna gua emang ga baca Qur'an kalo haid wkwk (tapi gua bayar utangnya abis haid ko).

*W30H : Waqiah 30 hari
*Ka Wirda : Wirda Mansur (pasti tau kan, itu yg dulu pernah viral /gapenting/).

Dan gua pun ketagihan hahaha.

Gua baca Al-Waqiah setiap hari alhamdulillah ampe sekarang masih, dan karna gua bosen Al-Waqiah terus, yaudah gua tambahin surat wajib kelas 9 alias Yasin.

terus masih bosen gua tambahin surat hapalan gua waktu itu, Ali-Imran, dan sekalian murojaah juz 29, juz 30, dan Al-Baqarah alhamdulillah.

Gua pun nyadar ngafal ama baca Qur'an itu seru, dan gua udah lepas dari target.

gua udah ga peduli lagi ama target, yg harusnya 1 hari 1 halaman, gua malah 1 minggu 1 halaman WKWKWK. Jadi sebulan paling cuman 4 halaman.

Dan itu pun ga gua hapalin, gua cuman baca aja tiap abis sholat, kek tiap abis sholat wajib gua baca Ali-Imran halaman 1-2 (misalnya), sampe gua inget nget nget. biasanya sih 7-10 hari.
tapi alhamdulillah itu mutqin. Banget.

*mutqin : lancar

Jadi ada kepuasan batin kalo gua inget ama hapalan gua, dan gua enjoyyyyy banget ngapalin.
Bahkan gua ada inisiatif buat ngafal 30 juz! dimana gua yg dulu mungkin ga akan kepikiran hahaha :D.

Dan bener banget, di kelas gua, tiap akhir bulan pasti ada tes semua hapalan bulan itu di tes.
dan guru gua saat ini -jg saat itu- tipe orang yg pilih-pilih, harus mutqin banget. Lebih tegas dari guru gua waktu kelas 8.

Dari kelompok gua, gua termasuk ke kategori yg mutqin banget. Dan dari kelompok gua juga, cuman ada 2 orang lho yg masuk kategori itu, gua salah satunya :D.


Pokoknya buat kalian yg lagi ngafal Qur'an, semangat, gua tau pasti susah ya ? apalagi kalo ketemu ayat yg rewel, yg susah wkwk. Rasanya pengen nangis sumpah :').

Kalo lu ga enjoy ngafal, mungkin lu niatnya rada belok, kek gua yg dulu.
Cari aja metode ngafal yg lu suka, yg lu enjoy banget, gapapa lama, dan gapapa ketinggalan sama temen-temen lu, asal kalo di tes sama orang, lu bisa jawab, dan lu confident, juga lancar ngejawabnya.

karna menurut gua, ngafal itu seberapa inget lo sama hapalan-hapalan lo, bukan seberapa banyak juz yg lo hapalin.

Tapi lebih bagus lagi, udah mah hapalannya banyak, terus inget, dan di terapin di kehidupan sehari-hari wkwk, top dah. Semoga kita semua bisa kek gitu ye. 

aamiin.


semoga bermanfaat! <3



see u soon & God bless u!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intro

kenapa lo harus baca Qur'an

Hate to Love #Novel.